Kamis, 03 Desember 2015

Resep Pizza

Bergabung di grup BCL ternyata banyak manfaatnya. Selain anggotanya ramah-ramah, gak pelit resep juga. Buat orang seperti saya yg gak pernah ikut kursus, belajar dari internet dan youtube, grup seperti ini sangat membantu. Thank you very much buat admin dan semua member BCL, good luck and GBU all. *bighug*

Salah satu resep yang di-share di grup ini adalah Pizza. Hmmm... jadi pengen eksekusi nich resep secara anak-anakku sangat suka makan pizza. Selama ini kalo makan pizza, pizza-nya didatangkan dari Surabaya. Biasanya nitip sodara atau teman yang pulang dari sana. Pernah sich nyoba pizza buatan lokal, beli-nya di bakery-bakery yang ada di Ende sini, rasanya kurang nendang gitu. Hahaha... (gak bisa bikin kok sok memberi kritik). Pernah juga beli tepung pizza siap pakai, yaaa lumayanlah hasilnya.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Cik Vonny Ambar dari grup BCL men-share resep pizzanya. Metode yang dipakai adalah water roux. Metode ini digunakan agar roti yang dihasilkan bisa lembut tanpa menggunakan bahan tambahan pelembut roti.
Di-arsipin dulu yaaa

RESEP PIZZA by Vonny Ambar

Pizza dough (rotinya) :
Bahan water roux :
25 gr terigu (prot sedang- Kompas/Segitiga Biru)
125 ml air

Bahan biang :
1 sdm ragi instant (merk Fermipan/Saf Instant)
1 sdt gula pasir
50 ml air hangat

Bahan dough :
250 gr terigu
30-50 gr susu bubuk
1,5 sdm minyak zaitun (olive oil) / bisa diganti dengan margarin /butter


Cara membuat :


  • Water roux : campur semua bahan hingga larut, panaskan dengan menggunakan api kecil sampai adonan berubah menjadi pasta (seperti vla), angkat, sisihkan, biarkan sampai dingin

  • Biang : campur semua bahan, aduk rata, biarkan sampai berbusa. Ini sekalian menandakan bahwa ragi yang dipakai masih aktif.

  • Dough : campur bahan dough menjadi satu dalam satu wadah besar, kemudian masukkan adonan biang dan water roux ke dalamnya. Aduk - aduk rata sampai kalis. Tidak perlu diuleni. Diamkan adonan sampai mengembang 2x lipat (30-60 menit)

  • Setelah mengembang, kempiskan dan tunggu selama 2 menit, kemudian tipiskan adonan dengan roling pin sampai mencapai ketebalan yang diinginkan. Cetak menggunakan cookies cutter (utk pizza mini) atau bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama beratnya. Ratakan adonan pada loyang pizza dengan menggunakan jari. Beri topping dan biarkan selama 15 menit sebelum dipanggang. 

  • Setelah 15 menit, pangang pizza dengan suhu 180'c selama kurang lebih 15 menit. Sampai matang.

Untuk saus toppingnya, bisa menggunakan resep berikut.

Saus Bolognese :
Bahan : 
100 gr daging cincang
1 bh bawang bombay (ukuran kecil), cincang kasar
6-8 buah tomat yang sudah dikukus / direbus, blender halus kemudian disaring. Gunakan tomat yang berwarna merah.
3-5 sdm saus tomat
Gula, garam, merica, pala, oregano, thyme, rosemarry, secukupnya.

Cara membuat :
  1. Cuci bersih tomat segar, buang tangkainya, kerat-kerat kulitnya, rebus dalam air mendidih sampai kulitnya megelupas. Angkat dinginkan.
  2. Kupas kulit tomat, potong-potong lalu blender sampai halus, sisihkan.
  3. Siapkan panci kecil, tumis bawang bombay cincang sampai agak layu, masukkan daging cincang, masukkan bumbu-bumbunya...merica, pala, oregano dll (kecuali gula dan garam), masak sampai daging berwarna pucat. 
  4. Masukkan tomat yang sudah diblender halus, saus tomat dan tambahkan sedikit air. Masak hingga mendidih.
  5. Kecilkan api, masak terus sampai saus mengental. Tambahkan gula garam sesuai selera. Matikan api, Saus siap digunakan.


Untuk topping bisa menggunakan sosis, bawang bombay, keju mozarela dll sesuai selera.

---------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar