Jumat, 16 Mei 2014

Resep Cake Zebra Kukus Putel

Memanfaatkan stok putel yang ada di kulkas, hasil dari cake - cake yg saya buat, jadilah cake ini.
Resep saya dapat dari blogwalking ke blog Mbak Irene. Resep asli bisa dilihat disini.

Dari review yang saya baca di blog Mbak Irene, cake ini berbeda dengan cake putel umumnya. Mengingat metode yang dipakai adalah mengukus. Hasil cake tidak membal, spongy, dan tetap moist. Dari segi rasa, menurut saya seperti bolkus mekar atau Kue Radio ( begitu sebutan orang Ende untuk Bolkus Mekar). Saya setuju dengan metode ini karena warna yang dihasilkan menjadi cantik dan cerah.

Saya rebake resep ini kebetulan ada pesanan snack box dari teman saya, Desi. Karena jumlah snack box yang tdk banyak, saya terima. Mengingat saya mengerjakan semua sendiri tanpa bantuan PRT (sdh 3 tahun gak pny PRT), jadi pesanan snack box yang jumlahnya tidak banyak, saya bisa tangani sendiri.

Berikut resepnya...


CAKE ZEBRA KUKUS PUTIH TELUR

Bahan :
500 ml putel
400 gr gula pasir
25 gr cake emulsifier
100 ml air
300 gr terigu
25 gr maizena
25 gr susu bubuk
100 gr margarin/mentega, cairkan



Cara membuat :
1. Siapkan dandang kukusan, didihkan airnya, kecilkan api

2. Kocok putel sampai agak mengembang, masukkan gula pasir, kocok lagi sampai setengah mengembang.
3. Masukkan cake emulsifier dan air, kocok lagi sampai mengembang dan kental
4. Masukkan terigu, susu dan maizena, sedikit demi sedikit, aduk rata.
5. Masukkan margarin cair, aduk rata
6. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak. Adonan pertama beri pasta pandan, adonan ke 2 pasta coklat, adonan ke 3 biarkan saja tanpa diberi pewarna.
7. Oles loyang berukuran 24x24x5cm dengan margarin. 
8. Tuang 1 sendok adonan 1, timpuk dengan adonan ke 2, timpuk lagi dengan adonan ke 3. Adonan akan menyebar dengan sendirinya. Lakukan sampai semua adonan habis.
9. Kukus selama 30 menit sampai matang, tes tusuk.
10. Angkat dari kukusan, keluarkan dari loyang, dinginkan.


Ini penampakan Cake Zebra di dalam snack box bersama teman-temannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar