Rabu, 17 November 2010

Spongecake...mybasecake resep 2


Resep spongecake yang satu ini sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan di google. Resep ini diperkenalkan oleh Chef Yongki Gunawan untuk pertama kalinya. Saya mendapat resep ini dari hasil blogwalking ke blog sis Shirley dari dapur solia.

Setelah saya rebake...wow resep ini memang enak dan lembut. Ada 2 macam versi sich. Disini saya akan menyalin kembali ke 2 resep tersebut. 

Tapi sebelumnya saya ingin menyampaikan banyak terima kasih untuk sis Shirley karena sudah berbagi resep ini, Sukses terus yaaa.


RESEP SPONGECAKE YONGKI GUNAWAN (10 telur)

Bahan : 

10 btr kuning telur
5 butir putih telur
10 gram cake emulsifier
150 gram gula pasir
100 gram terigu
1 sdm susu bubuk
1 sdm maizena
150 gr mentega, cairkan
1 sdm SKM
pasta / essence sesuai selera

Cara membuat :
1. Campur telur, gula pasir, cake emulsifier dan pasta, kocok sampai kental dan mengembang.
2. Masukkan terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak, aduk rata.
3. Campur mentega cair dengan SKM, kemudian tuang ke dalam adonan. Aduk rata, usahakan jangan ada mentega cair yang tersisa di dasar wadah.
4. Bagi adonan menjadi 2 yang sama banyak. 
5. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 22 x 22 x 3cm atau 22 x 22 x 4 cm (loyang lapsur) yang sdh alasi kertas dan diberi olesan mentega dan taburan terigu tipis - tipis.
6. Panggang sampai matang. 
Siap digunakan.

Catatan : saya pernah menggunakan loyang 24x24x7 cm, hasil cake tetap lembut, tetapi gak tinggi seperti yang saya harapkan. Berdasarkan review yang saya baca, cake dengan resep ini memang harus menggunakan loyang pendek sejenis loyang Lapsur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar