Minggu, 26 Mei 2013

Spongecake...My Basecake (resep 1)


Blog walking nyari - nyari resep spongecake untuk dijadikan basecake jualanku, akhirnya ketemu resep ini di blognya Ce Yenny Wijaya. Menurut c Yenny, cake ini tergolong ekonomis karena hasil yang didapat lumayan banyak untuk ukuran yang menggunakan 8 butir telur ayam.
Resep asli dapat dilihat di blog c Yenny disini. Xiexie ce untuk resepnya. Semoga usahanya semakin bertambah maju yaaa. Sukses terus...amin.

Saat saya rebake, saya modif sedikit resepnya sesuai kebutuhan saya.
Cake ini menggunakan 8 butir telur tapi hasilnya ngembang banget. Cocok untuk saya yang harus selalu menyediakan cake lebihan setiap kali ada pesanan. Hahaha... anak-anakku suka banget makan cake buatanku. Jadi setiap kali ada pesanan, sebisanya diatur agar ada cake lebihan untuk mereka. Bisa untuk camilan mereka maupun untuk bekal sekolah. Kalo judulnya untuk bekal sekolah maka cakenya harus disembunyikan rapat-rapat. Kalo tidak, gak sampe se-jam tinggal piring kosong az yang tersisa. 
Gitu cakenya keluar dari oven, mulai deh pada nanya. Yang ini buat siapa, mama ? Yang untuk kita yang mana, mama ? hahaha...

Kebanyakan ngomong... ini resepnya

Spongecake Milk Flavour modified by me

Bahan :
8 butir telur ayam
200 gr gula pasir (saya selalu menggunakan gula kemasan supaya terjamin tidak lembab)
15 gr cake emulsifier ( SP / Ovalet / Alfagell)
1 sdm essence susu (saya pakai merk Redbell)
100 gr terigu ( Kompas / Segitiga Biru)
50 gr susu bubuk (Dancow Instant)
50 gr maizena
100 mentega / margarin, cairkan (saya selalu menggunakan Blue Band Cake & Cookies)
2 sdm susu kental manis (saya pakai Indomilk)

Cara membuat :
1. Campur telur, gula pasir, cake emulsifier dan essence, mikser sampe kental dan mengembang. Ciri-ciri adonan mengembang adalah adonan terasa berat/kental sekali. Kalo mikser diangkat, adonan jatuhnya lambat. Adonan akan terlihat mengkilap dan tidak ada gelembung udara lagi.
2. Masukkan terigu, susu bubuk dan maizena yang sudah diayak, sedikit demi sedikit. Biasanya saya menggunakan mikser kecepatan paling rendah. Kalau adonan sudah mengembang sempurna, dijamin tidak akan turun.
3. Tuang mentega cair yang sudah dicampur dengan SKM. Aduk rata lagi. Saya menggunakan mikser kecepatan sedang untuk mencampur mentega cair di adonan, lalu dibantu dengan spatula karet agar tidak ada lelehan mentega di dasar wadah yang belum tercampur.
4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di beri alas kertas dan diolesi mentega tipis-tipis dan ditaburi tepung terigu.
5. Panggang sampai matang, dinginkan, siap dihias.

Resep ini untuk loyang berukuran 24 x 24 x 7 cm.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar